SALURAN DISTRIBUSI

Menurut David A. Revzan bahwa: Saluran distribusi adalah merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai. Menurut Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa: Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

Unsur-unsur penting dalam saluran distribusi dan diterapkan dalamMELIes BABY CARE AND SPAadalah :

  1. Saluran distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh produsen untuk memindahkan produk mereka melalui suatu lembaga yang mereka pilih.

  2. Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak langsung dari produsen kepada konsumen.

  3. Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran.

  4. Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan sistem kegiatan (fungsi) yang lengkap dalam menyalurkan produk.

Fungsi Saluran Distribusi bagiMELIes BABY CARE AND SPA

  1. Pengangkutan (Transportasi)

Pada umumnya tempat kegiatan produksi berbeda dengan tempat tinggal konsumen, perbedaan tempat ini harus diatasi dengan kegiatan pengangkutan. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan semakin majunya teknologi, kebutuhan manusia semakin banyak. Hal ini mengakibatkan barang yang disalurkan semakin besar, sehingga membutuhkan alat transportasi (pengangkutan). Hal ini akan memudahkan MELIes BABY CARE AND SPA menyalurkan produk pesanan konsumen ke tempat tinggal konsumennya.

  1. Penjualan (Selling)

Di dalam pemasaran barang MELIes BABY CARE AND SPA, selalu ada kegiatan menjual yang dilakukan oleh MELIes BABY CARE AND SPA. Pengalihan hak dari tangan MELIes BABY CARE AND SPA kepada konsumen dapat dilakukan dengan penjualan. Dengan adanya kegiatan ini maka konsumen dapat menggunakan barang tersebut.

  1. Pembelian (Buying)

Setiap ada penjualan berarti ada pula kegiatan pembelian. Jika penjualan barang dilakukan oleh MELIes BABY CARE AND SPA, maka pembelian dilakukan oleh orang yang membutuhkan barang tersebut.

  1. Penyimpanan (Stooring)

Sebelum barang-barang disalurkan pada konsumen biasanya disimpan terlebih dahulu. Dalam menjamin kesinambungan, keselamatan dan keutuhan barang-barang, perlu adanya penyimpanan (pergudangan).

  1. Pembakuan Standar Kualitas Barang

Dalam setiap transaksi jual-beli, banyak penjual maupun pembeli selalu menghendaki adanya ketentuan mutu, jenis dan ukuran barang yang akan diperjualbelikan. Oleh karena itu perlu adanya pembakuan standar baik jenis, ukuran, maupun kualitas barang yang akan diperjualbelikan tersebut. Pembakuan (standardisasi) barang ini dimaksudkan agar barang yang akan dipasarkan atau disalurkan sesuai dengan harapan. Hal ini dilakukan MELIes BABY CARE AND SPA agar tidak terjadi kesalahpahaman atau ketidaknyamanan konsumen.

  1. Penanggung Resiko

Ada beberapa tingkatan dalam saluran distribusi, namun MELIes BABY CARE AND SPA menggunakan saluran satu tingkat ( one level channel ) yakni terdapat satu perantara pemasaran diantara produsen dan konsumen. Produsen Peritel Konsumen Pedagang ( merchant ) : perantara pemasaran yang menjadi pemilik produk kemudian menjualnya kembali kepada konsumen. Produk dibeli dengan harga grosir kemudian dijual kepada konsumen. Agen : perantara pemasaran tanpa menjadi pemilik produk tersebut. Maksudnya produk yang disediakan MELIes BABY CARE AND SPA adalah barang yang dipesan dan diproduksi langsung dari pabrik luar negeri dan langsung dikirim ke office MELIes BABY CARE AND SPA tanpa melalui perantara.

MELIes BABY CARE AND SPA menerapkan system saluran distribusi langsung yaitu situasi dimana produsen suatu produk melakukan transaksi secara langsung dengan pelanggan. Keuntungan yang didapatkanMELIes BABY CARE AND SPA karena menerapkan saluran distribusi langsung ini adalah :

  • MELIes BABY CARE AND SPA sebagai produsen mengendalikan penuh harga produknya (tidak ada mark up akibat marketing intermediaries )
  • Mudah mendapatkan umpan balik langsung mengenai produk MELIes BABY CARE AND SPA
  • Memungkinkan memberikan respon lebih cepat pada konsumen ketika ada pemesanan barang dari konsumen

DISTRIBUSI JASA

 

Dua kunci dalam distribusi jasa adalah lokasi dan saluran distribusi.

1. LOKASI

Lokasi yaitu keputusan yang dibuat perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan. Pentingnya memilih lokasiperusahaan jasa tergantung pada tipe dan derajat interaksi yang terlibat. Terdapat 3 lokasi antara penyedia jasa dan konsumen:

  1. Konsumen mendatangi penyedia jasa. Dalam hal ini, MELIes BABY CARE AND SPA member kebebasan kepada konsumen dalam memilih produk dan jasa secara langsung di office MELIes BABY CARE AND SPA yang akan digunakan konsumen.

  2. Penyedia jasa mendatangi konsumen. MELIes BABY CARE AND SPA juga melayani delievery service bagi konsumen yang ingin menggunakan produk dan jasa. Jadi memberikan kemudahan kepada konsumen dengan tidak harus mengunjungi kantor MELIes BABY CARE AND SPA.

  3. Transaksi bisnis melalui ‘kepanjangan tangan’ perusahaan.

2. SALURAN DISTRIBUSI

Saluran mencakup siapa yang berpartisipasi dalam mengantarkan jasa. Ada 3 partisipan dalam distribusi jasa:

  • Penyedia jasa

  • Intermediary/perantara

  • Konsumen

Adapun jenis-jenis produk konsumen:

  • kemudahan (convenience products) adalah jenis yang relatif murah dan menggunakan sedikit upaya untuk berbelanja, sehingga konsumen tidak perlu bersusah payah berbelanja untuk jenis seperti itu.

  • Produk belanja (shopping products), Produk belanja biasanya lebih mahal dari pada produk kemudahan, dan diperoleh pada sedikit toko. Konsumen biasanya membeli sebuah produk belanja hanya setelah membandingkan dengan beberapa merek atau toko pada gaya, kepraktisannya, harga dan kecocokan gaya hidup. Mereka bersedia untuk berusaha dalam proses ini agar mendapatkan manfaat yang diharapkan.

  • Produk khusus (specialty products) Ketika konsumen mencari suatu barang tertentu secara intensif dan enggan menerima pengganti dari produk tersebut, maka barang itu disebut sebagai produk khusus.

  • Produk yang tidak dicari (unsought products), suatu produk yang tidak dikenal oleh calon konsumen atau produk yang dikenal dimana-mana tetapi pembelinya tidak secara aktif mencari, dikatakan sebagai produk tidak dicari. MELIes BABY CARE AND SPA pada umumnya menghadapi konsumen yang memposisikan produknya sebagai unsought product. Karena tidak semua orang berpikiran untuk menggunakan layanan jasa dan produk MELIes BABY CARE AND SPA.

 

 

About meliesabil

melie sabil

Posted on Juni 15, 2011, in BISNIS. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: