STRATEGI PROMOSI

Dinamisasi dunia pemasaran terhadap perkembangan zaman dan pola hidup manusia memang terus bersinergi. Banyak teori-teori dan strategi yang diusung dalam konsep pemasaran terus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Begitu juga dengan strategi bauran promosi, awalnya hanya mengenal empat dimensi yaitu advertising (iklan), personal selling (tatap muka), sales promotion (promosi penjualan) dan publicity (publisitas), realitanya saat ini ditambah lagi 2 dimensi yaitu internet marketing dan direct marketing. Strategi ini diterapkan dalam perusahaan MELIes BABY CARE AND SPA untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.

  • Advertising (iklan), iklan merupakan media promosi yang paling banyak digunakan oleh pemasar. Melalui media iklan seperti iklan cetak,elektronik, film, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya, MELIes BABY CARE AND SPA mampu menarik banyak pelanggan, karena iklan memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat.

  • Personal selling (tatap muka), komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih sering digunakan MELIes BABY CARE AND SPA pada saat melakukan event-event, yakni para sales memberikan penjelasan tentang apa dan untuk apa perusahaan MELIes BABY CARE AND SPA. Selain itu, tatap muka juga sering dilakukan di kantor MELIes BABY CARE AND SPA itu sendiri. Jika ada produk baru, maka karyawan langsung menawarkan kepada pelanggan.

  • Sales promotion (promosi penjualan), adalah bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Promosi penjualan yang dilakukan MELIes BABY CARE AND SPA seperti diskon besar-besaran diakhir tahun, special sale untuk anggota dengan member card, undian berhadiah setiap enam bulan sekali, dan keuntungan lainnya bagi pemilik member card.

  • Publicity (publisitas), yaitu bentuk penyajian, promosi, penyebaran ide, barang dan jasa yang dilakukan oleh pihak atau organisasi lain yang bukan produsen dari produk tersebut (promosi secara cuma-cuma). Contohnya bisnis atau produk yang diiklankan oleh majalah atau televisi karena kelebihannya (semisal wisata kuliner), acara seminar, pidato dan sebagainya.

  • Internet marketing (pemasaran lewat internet),MELIes BABY CARE AND SPA memiliki situs resmi yang memudahkan pemberian informasi kepada pelanggan mengenai produk dan memudahkan pelanggan memberikan pertanyaan seputar MELIes BABY CARE AND SPA dan mengajukan keluhannya. Selain itu pemasaran lewat internet ini dilengkapi gambar dan keterangan tentang produk dan jasa apa saja yang ada di MELIes BABY CARE AND SPA. serta terakhir mampu melaksankan transaksi pembelian online.

  • Direct marketing (pemasaran langsung), sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.

  • Public relation, membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya. MELIes BABY CARE AND SPA selalu berusaha agar produknya diterima di masyarakat. Dan untuk dapat diterima di masyarakat, MELIes BABY CARE AND SPA menerapkan “ the 7 C’s of Communication” sebagai peranan dari public relation, yaitu

    • Crebility, komunikasi di mulai dengan membangun suatu kepercayaan. Oleh karena itu, untuk membangun iklim kepercayaan itu di mulai dari kinerja. Dengan kinerja yang baik maka MELIes BABY CARE AND SPA akan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

    • Contex, Suatu program komunikasi mestinya berkaitan langsung dengan lingkungan hidup atau keadaan social yang tidak bertentangan dan seiring dengan keadaan tertentu dan memperlihatkan sikap partisipatif. Misalnya MELIes BABY CARE AND SPA turut serta dalam membantu korban bencana alam, dll.

    • Content, Pesanan yang akan disampaikan itu mempunyai arti bagi audiensnya dan memiliki kecocokan dengan system nilai-nilai yang berlaku bagi banyak orang dan bermanfaat. Adanya pesan-pesan bermanfaat yang disampaikan MELIes BABY CARE AND SPA mampu menarik perhatian masyarakat untuk menjadi konsumen.

    • Clarity, Pesan dalam berkomunikasi itu disusun dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh atau mempunyai arti antara komunikator dengan komunikannya. Bahasa yang digunakan MELIes BABY CARE AND SPA lebih sederhana dan bukan bahasa resmi, maksudnya menggunakan bahasa sehari-hari konsumen agar lebih mudah dipahami, dan daya tarik lebih tinggi karena konsumen punya ketertarikan untuk membaca.

    • Contunuity and consistency, Komunikasi tersebut merupakan suatu proses yang tidak ada akhirnya yang memerlukan pengulangan-pengulangan untuk mencapai tujuan dan bervariasi, yang merupakan kontribusi bagi fakta yang ada dengan sikap penyesuaian melalui proses belajar.

    • Channel, menggunakan media sebagai saluran pesan yang setepat mungkin dan efektif dalam menyampaikan pesan yang di maksud. MELIes BABY CARE AND SPA menggunakan channel yang sekiranya sering diakses oleh masyarakat, sehingga semakin sering masyarakat melihat tayangan tersebut, nama MELIes BABY CARE AND SPA akan semakin tertanam dibenak masyarakat.

    • Capability of audience, komunikasi tersebut memperhitungkan kemungkinan suatu kemampuan dari audiensnya, yaitu melibatkan beberapa factor adanya suatu kebiasaan. Kebiasaan membaca atau kemampuan menyerap ilmu pengetehuan dan sebagainya perlu di perhatikan oleh pihak komunikator dalam melakukan kampanye.

 

About these ads

About meliesabil

melie sabil

Posted on Juni 15, 2011, in BISNIS. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: