STRATEGI PEOPLE

People merupakan orang-orang yang mengerjakan semua kegiatan mendeliever produk sampai ke tangan konsumen. Orang-orang yang melakukan kegiatan ini harus memiliki passion atau semangat. People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Terdapat empat kriteria peranan atau pengaruh dari aspek people yang mempengaruhi konsumen, yaitu :

  • Contractor, people disini berinteraksi langsung dengan konsumen dalam frekuensi yang cukup sering dan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Pada perusahaan MELIes BABY CARE AND SPA, orang-orang yang bertugas sebagai contractor adalah orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan mampu mempengaruhi konsumen. Biasanya karyawan yang dipilih akan terjun langsung ke lapangan untuk memasarkan tentang produk dan jasa perusahaan MELIes BABY CARE AND SPA.

  • Modifier, mereka tidak secara langsung mempengaruhi konsumen untuk membeli tetapi cukup sering berhubungan dengan konsumen, misalnya resepsionis. Posisi resepsionis pada MELIes BABY CARE AND SPA memang tidak memberikan pengaruh langsung kepada konsumennya namun kualitas resepsionis MELIes BABY CARE AND SPA harus tetap terjaga agar mampu memberikan nilai tambah bagi MELIes BABY CARE AND SPA.

  • Influencer, mereka mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli tetapi tidak secara langsung kontak dengan konsumen. Influencer pada MELIes BABY CARE AND SPA bekerja sama dengan contractor untuk mempengaruhi konsumen namun Influencer lebih berperan di belakang contractor, seperti memberi pengarahan dan mengatur strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik konsumen.

  • Isolated, people ini tidak secara langsung ikut serta dalam marketing mix dan juga tidak sering bertemu dengan konsumen. Misalnya karyawan bagian administrasi penjualan, SDM, dan data processing. Tanpa isolated pada MELIes BABY CARE AND SPA, perusahaan akan pincang. Adanya kerja sama dan besarnya perhatian terhadap peningkatan kualitas isolated pada MELIes BABY CARE AND SPA memberikan pengaruh pada peningkatan penjualan.

Pengelolaan SDM perusahaan jasa :

  • Attitude, Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. MELIes BABY CARE AND SPA sangat memperhatikan attitude karyawannya dengan menetapkan standarisasi pada karyawan melalui pelatihan peningkatan kualitas karyawan setiap enam bulan sekali.

  • Motivation, motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi pada perusahaan MELIes BABY CARE AND SPA tentu akan memberikan sumbangsi yang besar bagi perusahaan berupa kinerja yang baik. Sehingga akan mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan termasuk mampu meningkatkan penjualan.

  • Communication, MELIes BABY CARE AND SPA telah memberikan pelatihan mengenani tata cara berkomunikasi dengan pelanggan, bagaimana cara menawarkan barang, mempengaruhi pelanggan agar bisa melakukan pembelian atau menggunakan jasa.

Proses Manajemen SDM dalam Operasi Jasa

  • Recruit the Right Employees

  • Train Employees Properly

  • Educate the Customer

  • Educate all Employees

  • Be Efficient First, Nice Second

  • Standardize Response System

  • Be Proactive

  • Evaluate Performance Regularly

 

About meliesabil

melie sabil

Posted on Juni 15, 2011, in BISNIS. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: