STRATEGI PRODUK JASA

Salah satu unsur dalam bauran pemasaran adalah produk. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.

Tingkatan Produk Jasa

  1. The core or generic product. Produk inti atau generik terdiri dari jasa dasar. Sebagai jasa dasar dalam MELIes BABY CARE AND SPA adalah pemberian layanan spa dan perawatan bayi yang memuat unsur edukasi bagi anak dengan service secara cepat dan tepat. Hal ini sebagai salah satu keunggulannya, mampu melayani konsumen secara cepat dan tepat adalah karena ditangani oleh karyawan yang telah ahli dibidangnya.

  2. The expected product. Produk yang diharapkan terdiri dari produk inti bersama pertimbangan keputusan pembelian minimal yang harus dipenuhi.

  3. The augmented produk. Area yang memungkinkan suatu produk didiferensiasi terhadap produk yang lain. Untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen dan menambah nilai lebih MELIes BABY CARE AND SPA, pihak perusahaan memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih alat mana yang akan digunakan dan ditangani oleh karyawan yang mana. Biasanya konsumen tetap memilih ditangani oleh karyawan yang sama. Hal ini agar karyawan dan konsumen semakin mengenal dan memudahkan karyawan memahami lebih jauh tentang masalah yang mungkin dihadapi anak.

  4. The potential product. Produk potensial merupakan tampilan dan manfaat tambahan yang berguna bagi konsumen atau mungkin menambah kepuasan konsumen. Bagian ini dapat memberikan kelebihan guna meningkatkan switching cost sehingga konsumen berpikir ulang untuk beralih ke produk jasa lain. Hal ini sangat dirasakan manfaatnya bagi konsumen tetap atau pemilik member card dari MELIes BABY CARE AND SPA, karena banyaknya layanan dan fasilitas special bagi konsumen yang telah memberikan kepercayaannya pada MELIes BABY CARE AND SPA.

Pemasar produk jasa perlu mempertimbangkan range jasa yang ditawarkan, tingkat kualitas dan level jasa yang diberikan. Penggunaan merek, garansi dan layanan paska jual juga mesti diperhatikan. Bauran produk jasa dari unsur ini bisa sangat bervariasi dan hal ini nampak bila kita membandingkan range jasa antara bangunan lokal yang kecil dengan salah satu bangunan yang terbesar di ibukota. Hal ini sangat menjadi perhatian bagi MELIes BABY CARE AND SPA. Misalnya pada tingkat produk dan jasa yang diberikan terdiri dari beberapa paket. Hal ini tergantung dari berapa banyak produk dan jasa yang digunakan konsumen. Namun semakin banyak produk dan jasa yang digunakan maka semakin besar pula poin dan jumlah potongan yang didapatkan konsumen. Sama halnya dengan garansi, pemberian garansi pada produk MELIes BABY CARE AND SPA yang dibeli konsumen akan meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi konsumen dalam membeli dan menggunakan produk. Serta layanan paska jual yang selalu menjadi perhatian khusus MELIes BABY CARE AND SPA. Yakni peningkatan perhatian kepada konsumen setelah menggunakan produk MELIes BABY CARE AND SPA melalui pengecekan via telpon atau customer care.

Sebagai salah satu strategi produk jasa sebagai unsur bauran pemasaran, MELIes BABY CARE AND SPA menerapkan diferensiasi produk. Dimana pada dasarnya diferensiasi adalah tindakan merancang satu set perbedaaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing (Kotler, 1997). Diferensiasi dapat dilakukan melalui lima dimensi berikut ini :

  1. Diferensiasi Produk, membedakan produk utama berdasarkan keistimewaan, kinerja, kesesuaian, daya tahan, keandalan, kemudahan untuk diperbaiki, gaya dan rancangan produk. MELIes BABY CARE AND SPA memiliki beberapa produk utama diantaranya peralatan makan bayi, kereta bayi, produk-produk organic, serta sebagai produk yang service indoornya seperti baby swim dan spa bayi yang semuanya memiliki ketahanan karena terdapat karyawan khusus yang menangani masalah perawatan peralatan dan rancangan yang selalu berubah sesuai perkembangan. Produk-produk yang ditawarkan dipesan secara khusus dari luar negeri dan telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

  2. Diferensiasi Pelayanan, membedakan pelayanan utama berdasarkan kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan.Bagi konsumen yang memesan barang MELIes BABY CARE AND SPA maka pengiriman serta pemasangan tidak dipungut biaya.

  3. Diferensiasi Personil, membedakan personil perusahaan berdasarkan kemampuan, kesopanan, kredibilitas, dapat diandalkan, cepat tanggap dan komunikasi yang baik. Karyawan yang santun dan ramah kepada semua konsumen merupakan salah satu ciri khas yang menjadi differensiasi pelayanan MELIes BABY CARE AND SPA. Serta pantangan antri bagi konsumen sangat dijunjung tinggi sehingga karyawan-karyawan telah dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan secara cepat dan tepat.

  4. Diferensiasi Saluran, langkah pembedaan melalui cara membentuk saluran distribusi, jangkauan, keahlian dan kinerja saluran-saluran tersebut.

  5. Diferensiasi Citra, membedakan citra perusahaan berdasarkan perbedaan identitas melalui penetapan posisi, perbedaan lambang dan perbedaan iklan. Gaya dan warna dari MELIes BABY CARE AND SPA terkesan simple namun elegan cukup menarik perhatian bagi konsumen yang melihat.

 

About meliesabil

melie sabil

Posted on Juni 15, 2011, in BISNIS. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: